Tipe-tipe Penumpang Kereta Ekspress Jakarta Kota – Bekasi

Dear Friends,

Mau sharing aja nih, sekedar bagi2  cerita sepanjang perjalanan gue menuju kantor dan juga sebaliknya.

Seperti biasa, gue pulang kerja dengan menggunakan kereta Ekspress Jakarta Kota-Bekasi. Dari sinilah ada banyak cerita yang bisa gue lihat dan rasakan. Banyak memberi wawasan gue dalam memandang arti hidup dengan artian yang sebenarnya. Dari seringnye gw naik kereta, gue bisa bikin 10 kategori tipe penumpang kereta –khususnya penumpang kereta Ekspres Jakarta Kota-Bekasi dan sebaliknya :

1. Tipe Tukang Molor ; (ini sih gue bgt)

bobo

Biasanya, bagi para penumpang seperti gue ini, yang rumahnya cukup jauh dari stasiun hal ini biasa dilakuin. Jadi dengan tidur di kereta cukup membantu untuk istirahat alias tidur. Secara emang biasanya kurang tidur dirumah, karena setiap pagi jam 4-5 pagi sudah harus bangun dan bersiap2 untuk jalan ke stasiun supaya gak ketinggalan kereta pagi. Sumpah deh, Lucu-lucu banget mukanya klo lagi pada tidur (termasuk gue juga kali ya?)…he..he..he.. Mesti, kudu, wajib dan harus sedia masker buat nutup mulut (cz saat molor biasanya mulut agak kebuka dikit alias Ngaga…dan itu biasanya memancing serangga yang nyangka klo itu rumah barunya !) dan permen buat pengharum mulut yang bau jigong keasyikan tidur….

2. Tipe Pembaca Koran;

koran

Selalu sibuk baca Koran, bolak balik halaman koran. Abis baca Koran, bukannya dilipat lagi yg rapi malah dipake duduk sama dia sendiri, trus klo turun kereta, tuh Koran didiemin aja, jadi bikin sampah ajaa…. Tapi untungnya, sudah ada pemulung Koran yang selalu standby untuk membersihkan… Emang ya, hidup itu selalu dinamis, ada aja… hubungan ekosistem ekonomi tetep jalan… Si pembuang sampah dan si pembersih sampah…

3. Tipe Pembawa Kursi Lipat (khusus kereta);

( No Picture ! )

Selalu cari posisi yang pas untuk cari lokasi aman untuk duduk diatas kursi lipat mini, khusus kereta. Biasanya duduk didekat pintu kereta disamping kursi kereta yg udah penuh..daripada betis pegel berdiri terus, ya gak? Biasanya kursi lipat ini dijual di stasiun2..harganya cm Rp. 25,000,-. Macem2 warna dan modelnya…. Ok lah… (Lumayan sekalian promosiin tukang penjual kursi lipat, syukur-syukur kecipratan komisi 10 %) Hehehehehe…

4. Tipe Abodemen ;

Sering ngusir orang yang udah terlanjur duduk di seat mereka…Maap ya, itu kan emang udah aturannya…. Selain itu, Karena Kereta Ekspres yg paling mahal abodemen-nya, biasanya mereka jadi kutu loncat alias numpang2 kereta  apa aja, yg penting gratissss…. Tp kereta dalam kota aja loh….

5. Tipe Tukang Nyalip Duduk;

Udah tau ya bangku kereta itu Cuma muat 7-8 orang untuk yg bangku panjang atau 3 seat aja (karena sampingnya ada tempat tabung untuk pemadam kebakaran), eeh… masih maksa juga numpang2 nyelip duduk.. Bikin  bt aja…  Beli aja tuh kursi lipat or Koran yg Rp. 1000 kan bisa duduk di lantai kereta… Rese bgt. Biasanya cewek2 yg pd pake  high heels nih yg begini… Makanya Mbak, kl naik kereta gak usah pake sepatu high heels, bikin sengsara aja. Taro aja di kantor, bikin nyaman diri sendiri aja, jadi gak bin susah orang, dasar pemalas dan egois.. Huh…

6. Tipe Sok Cuek ;

Biasanya nih bapak2 or mas2 yg pura2 tidur kalo ada ibu2 or mbak yg berdiri di depannya Karena gak kebagian duduk….. Kadang kesel jg ngeliatnya, apalagi klo ibu2 bawa anak2 kecil gitu… Sampai kadang, kita2 yg wanita ini yg ngalah ngasih tempat duduk buat mereka, Karena para bapak2 dan mas2 yg terhormat itu yg ktnya perpendidikan tinggi, yg kerja kantoran, gak peduli sm lingkungan dan ga punya rasa sosial….  Kadang ada juga, ibu2 atau mbak2 yg duduk di area kursi khusus ibu hamil, orang cacat, manula dan balita/ anak, yg gak mau berdiri mengalah untuk orang hamil atau orang tua. Keterlaluan sekali….

7. Tipe Salah Beli Karcis;

Karena gak mau nanya2 saat mereka naik kereta atau mereka tidak mendengar pengumuman dari petugas peron yg memberitahukan jurusan kereta yg akan dipilih/ yg akan berangkat. Pas kondektur keretanya datang barulah mereka tau kl mereka salah naik kereta…. Ada yg disuruh turun di stasiun berikutnya (kl emang salah jurusan) atau ada jg yg akhirnya membawar sesuai harga tiket yg seharusnya (biasanya AC ekonomi naik KRL Ekspress)…. Tengsin kan? Sering2 nanya lah or buka telinga lebar2 untuk dengerin pengumuman petugas peron yg emang kadang2 ngomongnya gak jelas alias kumur2….

8. Tipe Autis ;

autismface

Biasanya penumpang jenis ini akan sibuk sendiri dengan perangkat Hp mereka, ada yg sibuk Facebook-an, sms, telp or sibuk milih lagu or dengerin radio aja….Serasa dunia milik die sendiri, tapi kadang2 ke-autisannya bias juga ngerugiin orang !

9. Tipe Melantai Gerbong Kereta ;

Gak peduli lo serapi apa pun baju kerja lo, pake BB (Blackberry) sekalipun… Duduk aja hayooo beralaskan Koran di lantai gerbong kereta…(Karena gak kebagian duduk) yg penting, ke-angkut keretalah… Yg penting sampe rumah cepeeeettt………

10. Tipe Penumpang Non Abodemen ;

Selalu ngantri dan selalu lari2 ngejar keretanya karena takut keburu jalan, abis kelamaan ngantri tiket sih….  Tapi patut dihargai karena mereka rela beli tiket…. Karena biasanya  banyak yg gak beli tiket, apalg KRL Ekonomi biasa…. Beeuuh…. Seharusnya para petugas harus lebih teliti.

Iklan

2 Responses to Tipe-tipe Penumpang Kereta Ekspress Jakarta Kota – Bekasi

  1. Ipasha96 berkata:

    Pengalaman pribadi…saya selama ini hanya memberikan tempat duduk untuk ibu hamil, para manula, ibu2 yang membawa anak kecil dan orang cacat saja jika mereka tidak kebagian tempat di courtesy seat. (saya gak pernah duduk di courtesy seat ya )
    Untuk para wanita muda/mbak-mbak yang memelas minta tempat duduk..maaf ya, katanya sekarang jaman emansipasi, lagipula perjalanan kereta ekspress kan cuma 1 jam..jadi silahkan berdiri 😀

    Begitu juga kalau ada orang yang minta saya pindah (jika pas berdiri depan pintu) hanya karena dia ingin duduk di kursi lipat/lesehan..sorry..anda meminta ke orang yang salah 😀

    Saya melihat situasi yang sangat berbeda di KRL di Tokyo..meskipun keretanya penuh dan perjalanannya cukup jauh, semua orang tetap tertib dan tidak ada yang duduk di lantai seperti di Indonesia..

  2. stainless tanks berkata:

    Kapok naik kereta setiap naik kereta selalu kecopetan melulu.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: